Sunday 18 December 2011

Entrepreneur series - Apa sih entrepreneur itu?

Setelah sebelumnya bicara tentang PATRIOT di sini, sudah waktunya untuk menambah 1 aspek lagi untuk menjadi seorang mahasiswa ideal. Seperti sudah di sebut sebelum nya, PATRIOT disini adalah Prestatif, Aktif, Tanggap, KRitis, VisIOner, serta memiliki Tanggung jawab yang tinggi. Maka 1 aspek lagi yang di perlukan adalah jiwa entrepeneur atau wirausaha.

Kenapa harus jiwa entrepeneurship? Karena itulah yang di perlukan oleh Indonesia saat ini. Karena setiap tahun kita memasok ribuan pengangguran terdidik!! Ya, pengangguran terdidik yang kemudian setiap hari terutama sabtu berlomba-lomba mengirimkan surat lamaran pekerjaan dan curriculum vitae mereka.

Lalu masa depan apa yang anda inginkan, yang anda planning saat ini? Apakah sebagai manusia terdidik yang selepas bangku kuliah akan menggadaikan ijazah anda demi mendapatkan predikat orang gajian dan menunggu masa-masa pensiun setelah sekian lama manjadi orang gajian??



Ataukah anda mencoba bangkit dan mulai merintis usaha anda sendiri, menumbuhkan, membesarkan dan mewariskan nya kepada anak cucu anda. Pilihan ini terbuka lebar!!! Semua tergantung pada diri anda sendiri. Tergantung pada kreativitas anda.

Bisa di akui bahwa sejak kecil kita di bebani image bahwa bekerja adalah menjadi seorang karyawan di sebuah kantor yang bekerja 9 to 5 atau  menjadi self employee seperti dokter, guru dan pekerjaan formal lain nya. Jarang sekali orang tua yang mengajarkan dan mengarahkan anak nya untuk menjadi seorang pengusaha. Pemikiran seperti itu bisa di maklumi dalam masyarakat kita yang lebih mementingkan prestisse ketimbang prestasi. Orang cenderung lebih memperhatikan gengsi di banding kerja keras untuk berprestasi.

Apa sih entrepeneurship itu? Pertanyaan bagus!!   Entrepeneurship adalah kemampuan dan kreativitas seseorang untuk menciptakan manfaat dari apapun yang ada dalam dirinya dan lingkungan nya. Seorang yang berjiwa entrepreneur tak akan pernah mati dalam berkreativitas. Semua aspek dalam dirinya akan di kerahkan untuk selalu berkreatifitas dalam segala hal.

Lalu apa keuntungan nya di banding kerja kantoran?? Banyak. Salah satu yang terpenting adalah bahwa anda akan tidak tergantung pada atasan, kantor atau pabrik tempat anda bekerja. Seorang karyawan hanya mempunyai 1 sumber penghasilan. Bagaimana jika entrepreneur yang menjual jasa web design misalnya? Dia mempunyai kesempatan puluhan, ratusan dan bahkan ribuan klien sebagai sumber penghasilan nya.

Lalu bagaimana menerapkan nya pada Mahasiswa?? Bisa banged...Tapi tunggu dulu....Anda baca posting pertama tentang entrepeneurship ini sampai paham, baru saya berikan jawaban pertanyaan anda pada postingan berikutnya.

Jangan lupa....Seperti yang di contohkan oleh Rasulullah. Wirausaha adalah sebaik-baiknya pekerjaan.

No comments:

Post a Comment