Friday, 18 November 2011

Kondisi sosial ekonomi Indonesia pasca reformasi

Bagaimana kondisi masyarakat kita saat ini? Jika anda menjawab buruk, saya kurang setuju.
Mengapa? Coba tengok sedikit kebelakang dan berikan penilaian ulang.


KONDISI SOSIAL MASYARAKAT (saat krisis moneter)
Sejak krisis moneter tahun 1997, perusahaan swasta mengalami kerugian dan kesulitan dalam membayar gaji karyawan. Sementara itu harga-harga kebutuhan bahan pokok semakin melambung tinggi. Hal ini berakibat langsung kepada para pekerja. Sehingga banyak karyawan yang menuntut kenaikan gaji pada perusahaan.
Keadaan inilah yang menjadi masalah cukup berat, karena satu sisi perusahaan mengalami kerugian dan di sisi lain para pekerja menuntut kenaikan gaji. Tuntutan tersebut sangat sulit dipenuhi dan pada akhirnya berimbas pada mem-PHK karyawannya.
Karyawan yang di PHK itu menambah jumlah pengangguran sehingga jumlah pengangguran pada saat itu diperkirakan mencapai 40 juta orang. Dampaknya adalah maraknya tindakan kriminalitas yang terjadi dalam masyarakat.
Oleh karena itu pemerintah harus membuka lapangan kerja baru yang dapat menampung para penganggur tersebut. Dan juga menarik kembali para investor untuk menanamkan modalnya ke Indonesia sehingga dapat membuka lapangan kerja.
                                  
KONDISI EKONOMI
Sejak berlangsungnya krisis moneter pertengahan 1997, ekonomi Indonesia mengalami keterpurukan. Terlihat dari nilai rupiah yang masih bertahan di kisaran Rp 8.000 – Rp 9.000 per dollar AS. Keadaan perekonomian makin memburuk dan kesejahteraan rakyat makin menurun. Banyak investor asing yang lari keluar negeri dengan alasan tidak ada jaminan keamanan di Indonesia dan Indonesia dinilai bukan lagi tempat investasi yang menarik. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi menjadi sangat terbatas dan pendapatan perkapita cenderung memburuk sejak tahun 1997. 

KESIMPULAN
      Baik kondisi sosial maupun kondisi ekonomi masyarakat sejak reformasi mengalami penurunan terutama sekitar tahun  1997 hingga 1999, hal ini disebabkan karena krisis moneter pada tahun 1997.
      Sedangkan mulai tahun 2000 Indonesia berusaha memperbaiki kondisi sosial dan ekonomi yang dibuktikan dengan berkurangnya jumlah penduduk miskin (secara bertahap).
 
Nah, dari segi sosial dan ekonomi, Indonesia sudah mulai bangkit bukan??
Maka tidak ada salahnya sekali-kali kita berbaik sangka terhadap kondisi masyarakat ini. Segala kritikan memang akan sangat diharapkan, namun jika itu hanya sebatas di bibir saja, bukankah lebih baik kita berbaik sangka terhadap perkembangan negeri ini yang memang sedikit bobrok dalam hal politik ini? Nah, jika anda termasuk orang yang ingin Indonesia bangkit, memberikan kritik maupun hanya berbaik sangka tidaklah cukup. Sekaranglah saatnya melakukan langkah kongret dan memberikan kontribusi pada negara kita tercinta.

6 comments:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii

    kunjungan balik yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih juga kunjungannya :)
      wah mahasiswa UII yah, bisa sharing2 ilmu ya utk kedepannya :)

      Delete
  2. ni skripsi saya skrg. saya kaitkan dengan kapitalisme dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren, semangat skripsinya semoga lancar^^

      Delete