Wednesday 21 December 2011

Jurusanku Tercinta


"Vivalah slalu jurusan yang kucinta,

Sistem Informasiku.."

Petikan mars Sistem Informasi (SI) ITS diatas selalu menyadarkan saya pada dunia dimana saya menapakkan kaki saat ini dan Insya Allah untuk hari-hari kedepan, yaitu dunia TI.

Awalnya saya sama sekali tidak menyangka akan kuliah di Sistem Informasi ITS. Ketika berada pada Sekolah Dasar, cita-cita saya menjadi seorang dokter. Beranjak SMP, saya tahu cita-cita itu tidak mungkin dapat direalisasikan ketika saya menyadari bahwa saya fobia darah. Lalu saya putuskan untuk bermimpi menjadi seorang psikologi sejak saat itu dan bertahan hingga SMA. Karena tidak direstui orang tua, akhirnya saya menyerah dan mulai tertarik dengan ilmu-ilmu komputer. Sejak kelas dua SMA, saya sudah berkeinginan kuat untuk melanjutkan sekolah di teknik informatika ITS. Sedangkan Sistem Informasi? Ah, awalnya saya menganggap SI adalah jurusan dengan ilmu-ilmu tidak jelas. Namun, karena saking jatuh hatinya dengan ilmu komputer, saya menetapkan pilihan pada Teknik Informatika dan Sistem Informasi ketika SNMPTN tiba.

Ternyata Allah berkehendak lain, saya tidak lolos dipilihan pertama dan otomatis masuk pada pilihan kedua. Sistem Informasi, tempat saya berada saat ini.

Well, sepertinya prolog yang saya berikan terlalu panjang. hehehe.


Pertama kali saya masuk kampus ini, rasanya sedikit berat hati. Berat hati menerima kenyataan bahwa saya ditolak dari Informatika dan harus belajar di SI dengan ilmu-ilmu yang tidak saya ketahui sebelumnya.

Namun, mata saya terbelalak kaget saat melihat beberapa mata kuliah di semester satu.



1. Sistem Fungsional Bisnis 1 (SFB 1)

SFB adalah mata kuliah yang membuat saya tidak lagi menyesal masuk SI, karena dari kecil saya memang suka berbisnis. Sesuai namanya, mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar bisnis dan melatih mahasiswanya memanajemen perusahaan dengan pengimplementasian secara langsung. Langsung disini karena dalam SFB 1 ini, mahasiswa membentuk kelompok-kelompok kecil, mendirikan perusahaan sederhana, dan diharapkan bisa memanajemen perusahaan tersebut.

2. Algoritma dan Pemrograman 1

Algoritma dan Pemrograman, atau yang biasa disingkat menjadi alpro, merupakan momok terbesar bagi sebagian mahasiswa SI. Alpro mengajarkan dasar-dasar pemrograman, dan kebetulan di SI ini menggunakan bahasa Java. Hal ini lah yang sedikit membuat mahasiswa kesusahan, karena harus belajar benar-benar dari awal.


3. Matematika Diskrit

Jika dirangking, Matematika Diskrit atau yang lebih populer dengan nama MatDis ini menempati peringkat kedua untuk mata kuliah terberat. Hampir sama seperti Alpro, pada Matdis juga sedikit diajarkan membuat program. Hanya saja lebih mengedepankan pelajaran logika yang menjadi dasar dari pemrograman.


4. Keterampilan Interpersonal (KI)

KI adalah mata kuliah yang paling unik diantara semua mata kuliah di SI. Bagi saya, ciri khas dari Sistem Informasi adalah pelajaran softskill nya yang terus diasah beriringan dengan hardskill, dan di KI lah saya belajar banyak hal, mulai dari memanajemen diri, waktu, hingga bagaimana caranya bekerja dalam tim. Sehingga nantinya lulusan SI tidak hanya kuat dalam pemrograman komputer, bisnis, serta mampu bersosialisasi dengan baik pada masyarakat luas.

Secara keseluruhan, Sistem Informasi ini mampu mewujudkan keinginan saya dalam satu kemasan. Cita-cita untuk menjadi programmer tentu tidak mustahil dapat saya raih. Dibekali dengan kemampuan bisnis yang sesuai dengan minta saya, bukan tidak mungkin saya dapat mengembangkan minat saya dan menjadi enterpreneur muda yang sukses dibidangnya. Amin.

Setelah masuk dan nyemplung di SI, saya sangat bersyukur dan nyaman kuliah di sini.

Vivat SI!

Hidup SI! Hidup SI! Hidup SI!

1 comment: