Sunday, 18 December 2011

Berbicara Efektif

Apa itu bicara efektif?
Postingan saya kali ini akan membahas salah satu materi yang diberikan pada LKMM Pra TD yang disampaikan oleh Dewie Saktia. Simak baik-baik ya, semoga bermanfaat.
Bicara efektif adalah bicara yang tepat tujuan,
tidak bertele-tele, dan tidak rancu. Dalam berbicara efektif, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah tujuan pembicaraan. Seseorang harus tahu benar tujuannya berbicara, agar saat berbicara tetap fokus dan tidak ada informasi yang terlewatkan. Percuma toh sudah bicara panjang lebar tapi saat waktu habis, tujuan pembicaraannya belum tercapai.
Poin ke dua yang harus diperhatikan adalah topik. Ketika berbicara dengan orang lain, terlebih saat berbicara didepan umum, anda harus pintar-pintar memilih topik pembicaraan agar pendengan tidak bosan dan tetap fokus pada pembicaraan anda. Topik yang dipilih sebaiknya yang ringan dan up to date agar lebih ngena pada pendengar serta mudah dimengerti.
Poin penting yang ketiga dan yang harus benar-benar diperhatikan adalah siapa lawan bicara kita. Siapa yang kita ajak bicara. Setelah mengetahui siapa pendengar kita, kita bisa menyesuaikan topik yang sebaiknya dipilih. Nggak lucu kan, kalau mengajak bicara anak kecil dengan topik yang berat? Nah, pendengar harus sangat diperhatikan agar tidak ada kesalahpahaman informasi.
Selain itu, teknik berbicara juga harus diperhatikan. Tatap mata lawan bicara dan berkaitan dengan poin ketiga, perhatikan siapa lawan bicara kita, karena itu menentukan teknik bicara yang harus kita aplikasikan saat berbicara. Tentunya akan berbeda ketika berbicara dengan dosen dan rekan sepantaran.
Poin terakhir yang harus diperhatikan adalah waktu. Waktu sangat penting saat kita dituntut untuk berbicara efektif. Hal ini berkaitan dengan tujuan berbicara. Jangan sampai ketika waktu yang diberikan selesai, namun tujuan berbicara belum disampaikan, atau belum tepat pada poin yang ingin kita sampaikan.
Berikut adalah kiat-kiat bicara efektif yang bisa anda pertimbangkan sebelum berbicara dengan orang lain.
  •  Usahakan agar pesan yang kita kirimkan mudah dipahami
  • Pengirim pesan harus dipercaya oleh penerima pesan
  • Gunakan pesan non-verbal sesuai dengan pesan verbalnya
  • Ulangi pesan verbal yang ingin anda sampaikan seperlunya
  • Usahakan mendapat feedback dari pendengar, hal ini bisa menjadi tolak ukur apakah pesan anda tersampaikan atau tidak

No comments:

Post a Comment

Post a Comment