Sunday 18 December 2011

Ambisi, Kenyataan, Usaha


Nah pada postingan saya kali ini, sesuai janji, lagi-lagi saya akan membahas salah satu materi LKMM Pra TD yang sangat memotivasi saya.
AKU, Ambisi, Kenyataan, Usaha.
Ambisi adalah segala sesuatu yang ingin dicapai seseorang, kenyataan adalah fakta yang ada, dan usaha adalah tindakan nyata untuk mewujudkan sesuatu.
Lalu apa hubungannya??

Seseorang pada umumnya memiliki beberapa ambisi atau keinginan yang besar. Hal ini didasari oleh sifat manusia yang tidak pernah puas. Namun ada baiknya juga, karena pepatah mengatakan, bermimpilah setinggi langit. Asal yang positif loh ya. Nah, ambisi itu meliputi ambisi untuk memiliki sesuatu, ambisi untuk menguasai, dan ambisi untuk menjadi. Saat ambisi tercapai, akan ada perasaan positif dari seseorang, begitu pula ketika gagal, akan ada perasaan negatif.
Dari sebuah ambisi itu, kita bisa memproses lebih lanjut saat mengetahui kenyataan yang ada. Jenis kenyataan ada dua, yaitu internal yang meliputi Sistem Nilai dan Asumsi, kesanggupan, dan kecenderungan pribadi. Sementara faktor eksternal meliputi keadaan alam dan kesadaran sosial politik.
Ketika kita sudah memahami kenyataan yang ada, kita bisa menentukan usaha atau langkah-langkah apa saja yang akan kita ambil selanjutnya. Usaha sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu usaha proaktif dan usaha reaktif. Usaha proaktif adalah usaha yang menghampiri sebuah ambisi, atau upaya-uapay yang dilakukan demi kesuksesan suatu ambisi. Sedangkan usaha reaktif adalah usaha yang dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau hal-hal yang bisa menghalangi suatu ambisi dapat tercapai. Selain itu, kita harus mempunyai alternatif usaha untuk mengantisipasi jika nantinya terjadi kegagalan dalam meraih suatu ambisi. Tidak ada salahnya kan, sedia payung sebelum hujan?
Setelah memahami apa itu ambisi, kenyataan, dan usaha, imbangi itu semua dengan doa dan tawakal pada Tuhan Yang Maha Esa. Karena setinggi apapun ambisi kita, bagaimanapun kenyataan yang ada, dan sekeras apapun usaha kita, tetap Allah lah yang menentukan semuanya.
Ada satu quotes nih, “Pelaut ulung tidak lahir dari ombak yang kecil”
Bagus banget kan pepatahnya. Ya, jika ingin sukses, usaha dan rintangannya tidak kecil, kawan. Semakin besar harapan dan cita-cita kita, pasti tantangannya akan semakin besar. Tapi semua tergantung kita, memilih untuk jadi orang yang gigih atau yang cepat menyerah. Bermimpilah setinggi-tingginya, karena saat kau terjatuh pun, engkau masih ditempat yang tinggi.

2 comments:

  1. wah luar biasa........jarang2 nih ada yang nulis materi LKMM.salut. saya saja yang biasa bawain materinya malah g pernah nulis.

    tegar pf (2208 100 061)
    http://www.facebook.com/tegar.pf

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yah mas tegar buat kunjungan dan kesalutannya hehe. iya nih drpada ilmunya nggak kepake yah diposting aja :p
      wah jd malu nih dikomen sm pematerinya lgsung, mohon dikoreksi yah mas kalau ada salahnya hehe :"

      Delete