Sunday 18 December 2011

Entrepreneur series - Harga sebuah ide

Mau tahu Top 10 most valuable global brands?
  1. Apple, brand value: $153.3 billion
  2. Google, brand value: $111.5 billion
  3. IBM, brand value: $100.8 billion
  4. McDonald's, brand value: $81 billion 
  5. Microsoft, brand value: $78.2 billion
  6. Coca Cola, brand value: $73.8 million
  7.  AT&T, brand value: $69.9 billion
  8. Marlboro, brand value: $67.5 billion
  9. China Mobile, brand value: $57.3 billion
  10. General Electric, brand value: $50.3 billion


Seperti yang anda tahu, Apple dulunya berawal dari sebuah garasi rumah Steve Jobs kini menjelma menjadi sebuah perusahaan besar dengan ribuan karyawan dan omset ratusan billion dollar. Sangat kontras dengan keadaan sekarang, pada awalnya Steve Jobs dan Steve Wozniak mendapat cercaan dan ejekan dari Hewlett-Packard (HP) atas ide dan desain pertama dari Apple Computer. Ide dan prototype itu bahkan sempat di juluki barang rongsokan oleh HP.

Lain lagi cerita tentang ide penggunaan jam kuarsa (quartz watch). Saat itu, Swiss sebagai negara terbesar penghasil jam, sempat menolak ide dan gagasan tersebut, hingga akhirnya ide penggunaan jam kuarsa akhirnya di ambil alih oleh Jepang yang kemudian berbekal ide ini mampu merajai dunia industri jam tangan.



Kemudian ide tentang kamera polariod milik Edwin Land yang di tolak oleh Kodak, yang kemudian membuat Land mendirikan dan mengembangkan sendiri kamera polaroid yang kemudian menjadi saingan Kodak pada masanya.


Sejatinya, ide sendiri. susah di ukur nilai nya. Ia bergerak, memberi pengaruh kepada banyak hal dan menciptakan suasana - suasana baru. Ide berawal dari sebuah pemikiran. Apabila anda berpikir bahwa anda adalah seorang tikus, maka jadilah anda tikus. Tapi apabila ada berpikir anda BISA, maka anda pun menjadi BISA!!!

Ok, lalu berapakah harga sebuah ide? Tak terkira......Unlimited.....Priceless!!!!
Jadi mulai sekarang, berpikirlah bahwa anda bisa, jangan berpikir bahwa anda tidak bisa. Terus kembangkan jiwa kreatif anda, niscaya dengan segala usaha dan doa anda akan sukses. Eureka!

3 comments:

  1. jamannya enterpreneur, jamannya berkembang....

    ReplyDelete
  2. ide gak ada harganya mbak, percaya dech. Implementasi dari ide yang banyak harganya. Jadi, jangan kebanyakan cari ide, tapi cobain idenya sambil terus belajar. Pasti ketemu ide yang lebih keren-keren lagi.

    Kata Thomas Alfa Edison, Kalo mau punya ide yang keren, harus punya banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, setuju-setuju, ide dan didukung oleh pengimplementasian scr sugguh2 yang penting ^^

      Delete