Monday 12 December 2011

FTIf Adakan LKMM Pra TD

Reportase - Sabtu dan Minggu, 9-10 Desember 2011 sebagai mahasiswa yang baik, saya mengikuti Latihan Keterampilan Managemen Mahasiswa Pra Tingkat Dasar (LKMM Pra TD) yang diadakan oleh fakultas tempat saya belajar, FTIf ITS.
LKMM Pra TD ini mengusung tema yang sangat inspiratif, yaitu prestatif, aktif, tanggap, kritis, visioner, dan tanggung jawab yang disingkat PATRIOT. Masih ingat tulisan saya yang ini kan? Nah, kurang lebihnya seperti itu.
Acara berlangsung seru pada dua hari itu. Sebenarnya acara LKMM ini dijadwalkan pada tanggal 3-4 Desember, namun dibatalkan karena suatu kepentingan dan diganti dengan pembukaan pada tanggal 3 lalu dilanjutkan dengan acara inti pada tanggal 9-10 Desember pukul 07.30 hingga pukul 17.00 WIB.
Sebelumnya telah ditetapkan saya masuk kelas 13 yang bertempat di Teknik Informatika ITS. Mahasiswanya campuran antara mahasiswa TC (Teknik Informatika) dan SI (Sistem Informasi). Kelas 13 sendiri bernama Patas yang disingkat dari Patriot Tiga Belas, dengan seorang ketua kelas bernama Tommy dari TC, kelas 13 berhasil menelurkan jargon dan yel-yel yang menarik.
Acara diawali dengan pembukaan dari Mbak Miranti sebagai wali kelas dengan penjelasan tentang tema. Materi pertama yang berjudul "Persepsi" dibawakan dengan sangat bagus oleh Mas Febrian. Dilanjutkan materi kedua oleh Mbak Fitri Dentisina yang menjelaskan tentang logika berpikir. Presentasi Mbak Fitri ini sangat atraktif dengan slide yang bertema si lucu spongebob. Materi ketiga yang berjudul "Mendengar Aktif" dibawakan oleh Mbak Novianti. Materi keempat yang menarik karena ada stimulasi, berjudul "Berbicara Efektif" dibawakan oleh Mbak Dewie. Mbak Dewie berhasil mengubah atmosfir kelas 13 menjadi lebih hidup. dan materi terakhir pada hari pertama adalah "Ambisi Kenyataan Usaha (AKU)" yang dibawakan dengan apik oleh Mbak Anggi. Dari materi 5 ini saya banyak belajar untuk mengerti akan pentingnya ambisi dan kenyataan sebelum saya mengambil tindakan lanjut untuk berusaha.

Pada hari kedua, materi pertama dibawakan oleh mantan Kahima SI ITS, Grandys Frieska. Mbak Grandys yang memang terkenal pandai presentasi berhasil membuat semua peserta kagum dan aktif menjawab pertanyaan maupun bertanya. Dengan tema "Sasaran, Resiko, Konsekuensi" menjadi materi pembuka yang menarik dengan diiringi stimulasi sederhana.Materi dilanjutkan oleh Mbak Bethari Berlianti dengan tema yang cukup unik, yaitu pengenalan diri. Pada materi ini, peserta diajari untuk memahami siapa dirinya. Setelah itu dilanjutkan oleh Mas Satrio yang membawakan materi bertema memanajemen waktu. Jika dibuka dengan spektakuler oleh Mbak Grandys, materi hari itu pun ditutup dengan sangat asik oleh Mas Diaz yang membawakan tema pengembangan diri. Pada akhir sesi, Mas Diaz mengajak teman-teman menuliskan cita-cita luhurnya untuk memajukan Indonesia.

Pada dua hari itu saya belajar banyak sekali. Tidak menyesal rasanya ikut LKMM pra TD :)
Selamat buat FTIf, acaranya sukses.
Untuk beberapa materi LKMM akan saya tulis pada beberapa postingan. Tunggu ya :)

Terakhir, ini foto Patriot Tiga Belas.


PATAS! Yang Lain Pasti Ketinggalan!!!!

No comments:

Post a Comment