Sunday 18 December 2011

Trend IT

Teknologi Informasi (TI) menjadi salah satu dari bagian penting dalam kehidupan manusia saatn ini. keberadaannya sangat mempengaruhi gaya hidup manusia serta perkembangannya tak akan jauh dari kebutuhan manusia. Apa saja tren TI saat ini? simak terus..







1.   Webcasting

Pada jaman yang semakin canggih ini, orang bisa hadir dan bertemu dalam suatu acara secara tidak langsung melalui sebuah video converence. Begitu mudah bukan? Webcasting memberikan keleluasaan pada pengguna untuk membagi aktivitasnya secara lebih luas dan juga lebih praktis dan mudah. Keuntungannya adalah informasi dapat didapatkan secara realtime, pesan yang disampaikan secara visual sama dengan yang diterima, tidak ada jarak dan waktu, serta efisien dalam hal waktu dan biaya.

2.  Geo Estimator
Dengan Geo Estimator, seseorang bisa mengetahui letak suatu tempat dengan cukup mudah. Geo estimator menggunakan satelit dan fotografi udara untuk pengimplementasiannya. Sebagai contoh dari geo estimator adalah Google Maps yang banyak digunakan orang saat ini.

3.   Content Agregator
Merupakan teknologi yang dapat mempublikasikan foto, dokumen, bahkan website. Teknologi ini dinilai lebih visual dari teknologi sebelumnya karena lebih sebagai sosial interaktif, bukan hanya storage service. Contoh dari content agregator ini adalah halaman web dari digg.com, lintasberita.com, dan lain-lain

4.   Gadget
Gadget adalag piranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang spesifik dan berguna dalam kehidupan manusia. Contoh gadget yang marak diperbincangkan saat ini adalah smartphone dan komputer tablet. Para perusahaan IT sedang berlomba-lomba meluncurkan beberapa inovasi baru yang semakin praktis guna memenuhi kebutuhan serta hasrat manusia dalam bidang teknologi.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin melesat ini, tentu memiliki dua sisi yang saling berkebalikan. Yaitu dampak negatif dan positif. Dampak positif dari kemajuan teknologi adalah semakin mudahnya manusia dalam melakukan suatu pekerjaan dan mendapatkan informasi dengan bantuan TI. Sedangkan sisi negatifnya adalah munculnya manusia-manusia yang semakin anti sosial dan menggampangkan serta menggantungkan segala halpada teknologi.
Bagaimana menyikapinya? Itu pilihan anda.

No comments:

Post a Comment