Tuesday 9 July 2013

Wingko Babat

Wingko Babat by Sella and Mom <3
Aaah I am soooo fallin love with my cooking time! Hehe. Kemaren belajar bikin wingko babat dari ibu dan yeah! Berhasil! Rasanya mak nyos kalau kata Bondan. Setelah aku lihat-lihat di internet, ternyata rata-rata resep wingko di oven ya? Jadi resep wingko di sini terbilang sederhana, eh tapi yummy juga kok hehe. Nggak lama-lama deh, ini dia caranya : (read more ya biar penasaran ^^)


Bahan :
250 gr tepung ketan
250 gr gula pasir
1 butir kelapa muda, parut
200 ml air kelapa (bisa pakai air biasa kalau ga ada)*
1 sdt vanili bubuk
Mentega secukupnya

Cara membuat :
  1. Campur tepung ketan, gula, kelapa parut, dan sebagian air kelapa, uleni adonan sampai tercampur rata
  2. Tambahkan air kelapa sedikit demi sedikit sampai adonan lembek. Diamkan adonan sebentar +- 5 menit, tutup dengan serbet (kain)
  3. Lumuri cetakan dengan mentega secukupnya, tuang adonan hingga setengah tinggi cetakan, masak di atas api kecil (ingat, api kecil), kira-kira 5-7 menit. Jangan lupa di balik ya, karena agak cepat kecoklatan. rajin-rajin cek deh (takutnya gosong)
  4. Selesai! Sajikan!
Btw ada beberapa tips penting dari aku nih,
  • (*) karena keluargaku pada doyan wingko yang agak lembek dan lembut, maka dari itu airnya pakai 200 ml, tapi kalau temen-temen suka yang agak keras, kurangi airnya ya, sesuai selera sih. Tapi tips jangan dikurangin banyak-banyak! Emang pas dimasak kayanya lembek banget, tapi pas dingin agak mengeras kok ;)
  • oh ya, karena kalau di cetakan itu hasilnya agak tebel (jadi yang bagian tengah masih creammy banget), aku pakai trik ini : masaknya di 2 tempat. setengah di cetakan setengah di tevlon. jadi aku masak di cetakan dulu sampai kuning kecoklatan di kedua sisi, lalu aku taruh di tevlon dan dipenyet-penyet gitu, lalu dipanasin sampai matang. Api nya tetep pakai api kecil ya, biar matangnya bisa menyeluruh (btw ini di tevlonnya ga pake minyak loh ya!)

No comments:

Post a Comment