Monday 3 August 2015

One Dollar Cafe [Review Cafe Surabaya]

Assalamualaikum ^^
Senangnya bisa meluangkan waktu buat nulis lagi. Kali ini disponsori oleh irish creme blended nya One Dollar Cafe yang bikin ngga bisa bobok hehe. Karena urusan perkuliahan hampir usai, urusan launching produk frozen food dan paper craft juga udah selesai, jadi malam ini sempat deh nulis review cafe yang baru saja saya kunjungi.

Ceritanya, seperti biasa, saya dan si abang Hippo terjebak di kampus sampai jam makan malam karena sibuk ngurus per-yudisium-an. Yah, karena bosen makan makanan area kampus, akhirnya berencana cobain makanan di tempat baru. Setelah berdiskusi sana-sini yang (tumben) ga terlalu lama, saya usulin ke abang buat cobain one dollar cafe.  Dia mah iya-iya aja, karena tau saya ini makannya agak rewel. Jadi kalau saya yang pilih tempat, dia langsung tancap gas haha.

One Dollar Cafe terletak di area ole-ole futsal Jalan Bung Tomo, Surabaya. Cafe ini baru aja soft opening, jadi banyak promonya loh, dan sekarang lagi ada diskon 50% untuk all beverages (denger-denger sih sampai 7 Agustus).


Kesan pertama pas nyampe parkirannya dan lihat cafenya adalah : ‘wow, outdoor areanya boleh juga ya.’ Kesannya sejuk, enak buat nongkrong gitu. Tapi berhubung waktu itu anginnya lagi lumayan dingin dan saya lagi males berdingin-dingin ria, akhirnya kami memilih tempat di dalam yang nggak kalah nyenengin.

Pertama masuk  langsung disambut mini barnya dan langsung pesan makanan disitu. Mungkin konsepnya semi-semi self-service gitu ya? Jadi kita mesen makanan sendiri, bukan dibawain buku menu sama waitressnya. Setelah scanning menu makanan-minuman, saya memutuskan pilihan pada nasi bakar dan irish creme blended, sementara si abang pesan nasi goreng dan vanilla cookies and cream blended. Lalu kami mau bayar dan taraaa, ‘billnya menyusul ya kak’. Nah ini entah karena emang bayarnya di akhir atau karena waktu itu mesin kasirnya lagi trouble. Harusnya kalau konsepnya memang self-order gitu langsung bayar ya kan?

Yasudah kami pilih meja dulu dan pilihan si abang jatuh di meja yang hiasan dindingnya paling eye catching, katanya. Haha. Mejanya sih masih kotor karena emang baru aja ada pengunjung yang makan di situ, tapi nggak nunggu lama sudah ada yang ngeberesin. Ah, good job!



Pardon my kucel face wkwk


Partner in crime :D
Sambil nunggu makanan, kami foto-foto. Lebih tepatnya saya minta difotoin karena backgroundnya lucu. Oke, ndeso deh ya. Setelah itu, kami malah didatangi mbak-mbak rapi (mungkin managernya?) yang membawakan properti foto dan meminta foto kami, mungkin buat dokumentasi pengunjung dalam masa soft opening ya? *dan besoknya saya cek instagramnya @onedollarcafe ternyata ada foto kami, aww*



Nggak lama, nasi goreng si abang datang, disusul minuman dia dan makanan saya. Irish creme nya? Mesin kopinya lagi trouble jadi dia datang paling buncit. Tak apalah, yang saya suka, setiap ngantar makanan, waitressnya konfirmasi kalau saya harus sabar menunggi si Irish haha. Oke, bisa diterima walaupun harus nunggu cukup lama.

Nasi goreng (Rp. 15.000)


Nasi gorengnya enak, rasanya beda gitu, kaya ada manis-manisnya. Tapi si nasi dimasak agak terlalu kering gitu, sepertinya gorengnya agak kelamaan, jadi nasinya ada kesan crunchy yang agak kurang pas buat saya. Atau emang dibikin seperti itu? Tapi rasa tetep enak sih. Si abang makannya di irit-irit biar nggak cepet habis katanya. Bisaaa aja.
Btw kalau buat cowok, ini porsinya menurutku sedikit.

Nasi bakar (Rp. 17.000)




Awalnya pesan nasi lemak, tapi kosong. Agak kecewa sih hehe. Tapi setelah nasi bakarnya datang, jadi terobati deh. Isinya nasi, empal suwir (iyakan ya? Empal atau ayam ya. Haduh kok lupa), teri nasi, dan kemangi. Aw kemanginya bikin tambah sedep. Saya suka banget, minus terinya yang agak keasinan dikit.

Oreo and cream blended (Rp. 22.000 sebelum diskon)


Pas pesan menu ini, mbaknya nawarin ganti strawberry and cream blended. Mungkin lebih enak itu ya? Tapi karena yang pesan cowok, dan minuman strawberry sepertinya agak imut buat cowok, makanya si abang tetep keukeuh pesan oreo hahaha. Hasilnya dia ga nyesel. “baru kali ini puas sama minumannya cafe” gitu katanya.
Saya sih ga terlalu suka karena... eum, terlalu manis dan pake krim yang manis pula. Saya ga gitu suka manis sih soalnya. Tapi pas cobain emang rasanya enak, hanya saja bukan selera saya hahaha.

Irish Creme Blended (Rp. 22.000 sebelum diskon)


Not the best iced coffee in town, tapi nggak mengecewakan dong. Kesan pertamanya, kopi banget deh. Suka. Buatku sih udah pahit-gurih dan manisnya pas. Nah, kali ini giliran abang yang nggak suka, karena emang dia nggak suka kopi. Dia bilang kurang manis. Dia mah sukanya kopi ala-ala yang rasanya lebih mirip susu coklat gitu waahahaha.

Overall saya puas. Makanan enak, harga oke, palayanan bagus, semua pegawai ramah, fasilitas oke, sebenarnya ada wifi dan toilet yang belum bisa direview karena kami baru tau pas mau pulang. Justru taunya dari lembar feedback yang dikasih. Yaudah lah.

Minusnya, menu makannya cuma sedikit. Entah karena baru soft opening atau gimana, tapi menurut kami perlu ditambahkan menu lagi sih, satu atau dua main course will be great ;) Btw saya cek instagram @onedollarcafe  ternyata cukup banyak pilihan menu snacknya, tapi pas ke sana ada beberapa menu yang dicoret gitu. Ah ya, semoga keramahan pegawai nggak manis pas di soft opening doang ya hehe. Semoga sukses soft openingnya :)

Short review~
Price : 7,5 – 22rb ukuran cafe mah termasuk murah ya kan ya?
Tempat : nyaman, bersih, luas. Outdoor indoor oke.
Wifi : ada
Tempat parkir : luas.

Sekian postingan review cafe (pertama) dari saya. Semoga membantu. Selamat mencoba One Dollar Cafe.

Wassalamualaikum.


1 comment:

  1. keren banget kafenya nakal nyoba kesana deh nnti hehe

    EMI

    ReplyDelete