Thursday, 20 August 2015

Jamu Beras Kencur

Suwe ora jamu...
Jamu godong telo..
Suwe ora ketemu,
Ketemu pisan tambah tresno.... *halah*

Assalamualaikum
Hayo, siapa yang tau lirik lagu di atas? Yuk nyanyi bareng, tangan ke atas semuaaa! *apasih Sel, nggak lucu*

 

Curhat sedikit, saat ini berat badan saya ada di angka terendah, ngga ada 40 kilo. Oke saya memang pendek, tapi yaampun ini nggak wajar. Beberapa tulang udah menonjol sana-sini. Bukan bermaksud mengeluh kok, cuma ber-prolog ria menjelaskan alasan akhir-akhir ini saya mulai mereview cafe di blog.
Okey, masih seputar program-penggendutan yang (baru kali ini) serius saya jalani, kemarin saya menemukan satu cara lagi untuk mendukung program ini hehe.

Yups, minum jamu!



Awalnya sih mau minum obat penambah nafsu makan anak-anak, tapi agak gimana gitu... Kemudian mau nyobain minum jamu pahit pabrikan, tapi takut ada unsur bahan kimianya. Dan taraaa, ibu saya memberi ide untuk membuat sendiri jamu homemade yang berasal dari bahan alami. What a good idea, mum!

Pilihan kami jatuh pada Beras Kencur yang konon berkhasiat menambah nafsu makan. Yeay! Seneng bisa mencoba resep baru plus seneng bisa menambah nafsu makan (semoga). Jadinya sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Ciye sok berperibahasa hehe.

Resep jamu beras kencur ini mudah, anti ribet. Rasanya enak, manis-pedes seger gitu. Resepnya juga mudah diubah-ubah sesuai selera masing-masing. Sebenernya mudah banget sih proses pembuatanya, asal kamu bisa membedakan mana jahe, kunyit, kencur, dan rempah lain aja beres sudah. Nah, biasanya yang susah adalah proses membedakan itu, apalagi yang nggak sering sambang dapur kaya saya hehe. Tapi sekali tau kencur itu yang mana, pasti tau deh bahkan cuma dari bentuknya aja sebenarnya sudah beda-beda kok :)


Begini nih bentuk kencur

Setelah nyoba minum segelas di pagi hari, seharian rasanya saya laper mulu. Benar-benar ampuh deh buat yang ingin menambah berat badan, karena bisa bikin pengen makan terus hehe.

Okey, lets try this recipe guys!

Bahan :
  • 50gr kencur
  • 50gr beras
  • Dua ruas jari kunyit*
  • Tiga ruas jari jahe*
  • 1sdt asam jawa
  • ½ sdt garam
  • 80gr gula pasir
  • 80gr gula jawa
  • 800 ml air

Cara membuat :
  1. Cuci beras hingga bersih, lalu rendam dalam air matang (bukan air pada resep bahan). Diamkan minimal 1 jam. Tiriskan.
  2. Rebus air, gula jawa, gula pasir, garam, dan asam jawa hingga mendidih. Sisihkan, biarkan sampai hangat.
  3. Bersihkan kunyit, jahe, kencur, kemudian tumbuk bersama beras yang sudah direndam. Karena malas numbuk di lumpang, saya haluskan bahan tersebut dengan cara di blender.
  4. Masukkan dalam air rebusan gula yang sudah hangat kuku, aduk rata, saring.
  5. Bisa langsung disajikan atau di kulkasin dulu biar lebih nendang :3


Notes :
  • Bahan bertanda bintang (*) bisa disesuaikan sesuai selera. Jahe memberikan rasa pedas, jika tidak suka pedas bisa dikurangi, atau ditambahkan jika suka pedas jahe. Sementara kunyit fungsinya disini minor sih, yaitu pemberi warna kuning biar cantek jamunya, jika tidak ada atau tidak suka terlalu banyak kunyit, bisa dikurangi/dihilangkan.
  • Menghaluskan bahan bisa dengan banyak cara, bisa pakai blender dengan sedikit air (bisa pakai air gula tadi), atau pakai grinder tanpa air, atau dengan ditumbuk di lumpang.
  • PERHATIAN : tunggu sampai air gula nya hangat ya, sekali lagi, HANGAT KUKU. Kalau panas-panas dimasukkan, nanti berasnya ngembang jadi bubur. Hahaha.

Mudah kan?
Selamat mencoba, semoga cocok dengan resepnya.
Wassalamualaikum.

2 comments:

  1. Gimana efek beras kencurnya? Apakah BB berhasil naik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berhasil sih mbak, tapi ga signifikan. tp ampuh banget deh bikin nafsu makan bertambah. jadi pengen mamam terus

      Delete