Wednesday, 22 July 2015

Churros, Donat Spanyol yang Ngangenin

Assalamualaikum..

Alhamdulillah akhirnya bisa sambang blog lagi setelah sekian lama kena syndrome blogging-blue(?) ^^

Sebenernya ada sih, beberapa draft postingan yang tak kunjung dipublish karena kurang paragraf penutup aja. Lalu, bisa ditebak lah, Sella lagi males nulis. Huhu. Tapi kali ini karena temanya tentang cooking, jadi semangat deh ya hehe.

Berawal dari adek yang beberapa waktu lalu memesan frozen churros di sebuah online store, saya jadi iseng kepikiran untuk membuatnya sendiri. Oh ya, udah pada tau churros kan ya?

Churros by Sella

Yap! Jajanan yang lagi hits banget itu loh. Churros adalah jajanan asal Spanyol yang terbuat dari adonan choux pastry base. Sering disebut sebagai Spanish Donut atau donat Spanyol, mungkin karena pembuatannya dengan cara digoreng seperti donat. Selain itu, rasanya pun deket-deket donat gitu lah ya.

Walaupun jajanan dari negara asing, bukan berarti bikinnya bakal ribet dan susah, justru gampang banget loh baik dari segi bahan maupun proses pembuatan. Percaya deh, banyak berhasilnya kok kalau mau bikin si churros ini. Yang nggak pernah sambang dapur nggak perlu takut, asal bisa bedain mana gula mana garam aja udah bisa bikin si churros *garing*.

Churros and Nutella, yumm :9

Tertarik bikin? Harus dong ya J
Ready to rock, guys? Sila disimak resep churros berikut :


Bahan :
  • 250 ml air
  • 50 gr mentega/margarin*
  • 1 sdm gula pasir
  • ¼ sdt garam
  • 150 gr terigu protein sedang
  • ¼ sdt vanilla
  • 1 butir telur (sebaiknya yang besar)
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Bahan taburan :
Gula halus dan kayu manis bubuk secukupnya

Cara Membuat :
  • Masak air, mentega/margarin, gula dan garam hingga mendidih dan semua bahan larut. Matikan api, masukkan terigu dan vanilla, aduk cepat. Nyalakan kembali api kecil, aduk hingga adonan kalis dan tidak menempel di panci. Angkat.
  • Masukkan telur, aduk rata. Bentuk adonan akhir agak lengket dan agak lembek. Usahakan agar adonan tersebut mudah dispuit. Jika adonan kurang lembek, bisa ditambahkan telur secukupnya hingga dirasa pas dan mudah dibentuk dengan spuit.
  • Masukkan adonan dalam piping bag, gunting ujungnya dan masukkan lagi ke dalam piping bag yang sudah diberi spuit bintang.
  • Adonan bisa langsung digoreng dengan cara spuitkan adonan ke dalam minyak panas. Namun, agar hasilnya lebih bagus dan panjangnya rata, saya sarankan menyemprotkan dulu adonan churros ke loyang yang dilumuri margarin tipis atau disemprotkan di atas plastik.
  • Goreng adonan dengan api sedang, angkat.
  • Tunggu sampai hangat, taburi dengan bahan taburan atau cocok dengan aneka selai sesuai selera.

Notes :
  • Resep ini bisa pakai mentega atau margarin, saya pakai margarin aja sih.
  • Penggunaan bubuk vanilla bersifat optional, ada kan ya yang tidak terlalu suka wangi vanilla? Dan kalau menggunakan mentega, mungkin bubuk vanillanya bisa dikurangi dikit, biasanya butternya sendiri udah wangi dan takutnya malah enek ntar.
  • Saya pakai satu butir telur ukuran besar. Jika adonan dirasa kurang lembek dan susah dibentuk dengan spuit, tambahkan telur secukupnya aja ya. Kalau terlalu lembek kan ga asik juga hehe.
  • Saya tidak langsung menggoreng churros di wajan (dispuitkan di wajan), tetapi membentuk churros di atas plastik (agar tidak lengket dan mudah dipindahkan). Cara ini juga ampuh buat yang mau nge-frozen churrosnya :D
  • Panjang churros bisa disesuaikan dengan selera, saya bikinnya kecil-kecil aja biar enak gitu makannya hehe *padahal ya ngga mempengaruhi rasa*

Seperti biasa, karena kalau masak saya biasanya riweuh, jadi ga banyak foto dokumentasi proses pembuatan, cuma ini aja huhu.

Adonan yang sudah dibentuk (diberi alas plastik)

Spuit bintang yang saya gunakan


Mudah kan ya resep churrosnya?
Nah, daripada beli mahal-mahal, yuk cobain bikin sendiri. Kalau ada tips-tips lain seputar resep churros, bisa ditulis di kolom komentar ya. Kalau merasa resep ini bermanfaat, jangan lupa share ke yang lain. Terimakasih ^^


Selamat mencoba, happy cooking!

6 comments:

  1. hahaaa aku nungguin postingan ini lho sejak kamu upload gambar churros di IG :P
    Btw trims resepnya, pingin nyoba deeh. semoga berhasil ya sel. hwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana gimana? Udah dicoba? Pasti berhasil ini gampang bgt koook :D

      Delete
  2. Mbak make spuit bintang model begitu gmn ya biar gak ribet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau utk yg ini, cukup mudah kok mba, pakai piping bag didobel aja, jadi spuitnya ada diantara pipping bagnya. Yg susah kalau kue2 kering. Saya ga pakai piping bag, adonannya sy masukkan spuit dan sy tekan dg jari. Begitu. Semoga membantu :)

      Delete
  3. Sudah tak praktekan.. Alhmdulillah berhasil.. tp kata teman2 itu kan makan jajan kecipir.. hadeeh jadi susah ngejelasin.. padahal uda dikasih testernya .. hixhixhizhix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha padahal kecipir kering kan ya?

      Delete