Saturday, 21 February 2015

Ide Bisnis #1 : Aksesoris dari Kain Oscar

Assalamualaikum..

Ah kangen banget sama blog sendiri, sudah lama nggak posting sih. Sebenernya sudah ada dua topik yang saya tulis dan pengen saya post di blog. Tapi sampai saat ini, tulisan tersebut cuma jadi draft aja karena nggak gitu sreg sama topiknya hehe.

Ceritanya, kemarin saya beres-beres di rumah dan menemukan beberapa bahan untuk bikin gantungan kunci dan tempat pensil. Saya mendadak teringat kalau dulu ketika masih duduk di bangku SMA, saya sempat punya bisnis kecil-kecilan yang Alhamdulillah hasilnya lumayan dan bisa buat nambah uang jajan.

Bisnis ini sebenernya cocok banget buat perempuan yang susah diem dan gampang bosen kalau punya waktu luang, seperti saya. Hehe. Selain itu, peluang bisnis ini juga cocok untuk pelajar dan ibu rumah tangga, karena nggak ribet dan nggak butuh waktu full time untuk mengurusnya. Yah kecuali bisnisnya sudah berkembang besar yaa, pasti butuh pengelolaan yang lebih baik.

Apa bisnisnya?

Gantungan kunci/hp, tempat pensil, dan aksesoris handmade dari kain oscar atau kain kulit jeruk. Kain oscar atau kulit jeruk ini biasanya dipakai untuk membuat tas, sofa, dan lain-lain. Menarik kan? Apalagi buat yang suka bikin DIY, handmade stuff, atau craft wajib banget nyoba bikin, siapa tahu bisa berkembang menjadi bisnis seperti yang dulu saya lakukan.



Sekedar cerita, saya terinspirasi dari gantungan kunci berbahan kain kulit jeruk yang dijual sangat mahal di salah satu toko buku, kemudian saya memutuskan membuatnya sendiri, dan eh tau-tau pas dibawa ke sekolah, teman di sekolah pada suka dan pesen.

Saya menjalankan bisnis ini saat kelas 2 SMA. Saat itu sekolah saya fullday dari pagi sampai sore sekitar pukul 3, dan 2-3 kali dalam seminggu ada jadwal les sore. Belum lagi PR dari sekolah yang nggak bisa dibilang sedikit. Dengan keterbatasan waktu seperti itu saja, dalam bulan-bulan pertama omset saya mencapai 1 juta rupiah dengan keuntungan antara 300-500 ribu.

Sedikit?

Oke, cerita saya belum usai.

Let me explain that, omset segitu saya dapat di tahun 2010 dan hanya dalam 3 bulan pertama menjalankan bisnis. Dengan kondisi tidak setiap hari produksi. Kecepatan menjahit tangan yang lebih lambat daripada jalannya keong, karena waktu itu masih belajar. Dan satu lagi, saya yang mengurus sendiri semuanya dari mencari bahan, memproduksi, sampai delivery.

The point is, saya hanya ala-ala menjalankan bisnis tersebut. Karena dari tujuannya pun bukan untuk sumber penghasilan atau untuk mencari nafkah, melainkan hanya untuk cari uang jajan tambahan. Tentu saja anak sekolahan kalau udah dapat nominal uang jajan yang lumayan ya jadi malas nyari lagi, hehe. Pun saya, ketika merasa keuntungan bulan itu sudah cukup banyak, saya sering nolak pesenan *ngaku dosa*. Apalagi fokus dan prioritas utama saya saat itu ya sekolah. Jujur sih, saya sering kok menolak atau nge-pending orderan gara-gara ada tugas atau ulangan harian. Padahal nih, tiap bulan omset saya makin naik.

Mulai tertarik mencoba?

Baik, akan saya jelaskan lebih detil tentang bisnis ini.

Sebelumnya, berikut ini adalah beberapa foto produk yang saya hasilkan. Lebih lengkapnya silahkan kepo sendiri ke album Facebook Little Orange Shop.

Gantungan kunci/hp
Tempat pensil
Jepit Rambut 
Kalung

Saya mematok harga untuk setiap produknya relatif murah (menurut saya sih), silahkan cek harga di bawah ini :
  • Untuk satu tempat pensil, harganya 15-18 ribu saja. Tergantung mau dicustom seperti apa.
  • Gantungan kunci dan hp, harganya cuma 3000-5000 rupiah. 
  • Jepit rambut, harganya 1500 rupiah.

Murah kan?

Apa ngga rugi sell, kok dijual murah padahal kain oscarnya kan nggak murah?

Tenang aja, harga jual tentu saja bisa dinaikkan kok. Apalagi kalau bisa masuk ke toko buku atau toko aksesori, harga di atas bisa-bisa dinaikkan 3-5 kali lipat.. Karena dulu pun banyak yang tanya kenapa saya jual murah padahal harusnya saya bisa jual lebih mahal.

Sudah saya bilang, saya di sini nggak ngejar untung dan cuma berbisnis ala kadarnya kok. Saya cuma menyalurkan hobi sambil berbisnis dan mengisi waktu luang, yang Alhamdulillah bisa menghasilkan pundi uang.

Jangan takut rugi, ada satu rahasia besar yang ingin saya bagi dan harapannya bisa meyakinkan anda kalau bisnis rumahan ini sebenarnya juga memiliki peluang yang menjanjikan.

Saya memulai bisnis ini hampir tanpa modal.

HAH? KOK BISA? BAGI RAHASIA DONG SEL! *oke. ini lebay*

Coba deh bayangkan, kira-kira untuk satu ukuran gantungan kunci/hp, berapa besar sih kain yang dibutuhkan? Kecil kan? That’s it! Kita ngga perlu beli kain kulit jeruk/oscar semeter buat bikin satu gantungan. Caranya, beli kain perca sisa produksi dari industri pembuat tas, sepatu, atau sofa. Pasti jauh lebih murah. Kalau pinter nego dan memelas, bisa juga kok dapet gratisan. Hehe.

Saya pun dulu begitu. Kebetulan bapak bekerja di industri pembuat sofa bed, jadi saya rajin mungutin kain-kain kecil nggak terpakai di tempat kerja beliau. Tapi setelah itu, setelah bisnis lumayan besar, saya memutuskan beli bahannya kok (lagian kalau tempat pensil kan tetep harus beli bahan yang lebar) dan dengan beli pun saya masih tetap untung. Karena satu meter persegi kain oscar bisa buat puluhan gantungan kunci atau belasan tempat pensil.

Selain kain oscar, bahan lainnya ya cuma benang, pengait gantungan kunci, aksesoris, dan resleting untuk tempat pensil. Simpel kan? Bagaimana? Tertarik?

Jika anda punya waktu luang, tidak ada salahnya mencoba. Kesusahan menjahit? Sekarang sudah banyak kok video tutorial di youtube, atau kalau mau silahkan mampir ke rumah saya, pasti saya ajarin J

Sebagai bonus, saya akan ulas sedikit kelebihan, kekurangan, kendala, serta perkiraan modal awal untuk bisnis ini.

Kelebihan :
  • Bisnis mudah, simpel, dan nggak ribet. Bisa dilakukan sambil nyantai dan nge-teh cantik.
  • Bahan cukup mudah didapat dan bisa memanfaatkan bahan perca
  • Cukup unik (ya ngga sih?)
  • Banyak kreasi : tempat pensil, gantungan hp/kunci, jepit rambut, kalung, dan lain-lain.

Kekurangan dan kendala :
  • Harus telaten!! Menjahit dan memasang komponen kecil-kecilnya asli menguji kesabaran
  • Karena semua handmade, maka produksi butuh banyak waktu.
  • Catatan : khusus untuk produksi tempat pensil, membutuhkan mesin jahit ya J

Perkiraan modal :
  • Beberapa benang dan satu set jarum +- Rp.20.000
  • 1 meter persegi kain oscar +- Rp.50.000 (harga berkisar 35-70 ribu tergantung kualitas tapi yang 35-40an aja cukup bagus kok)
  • Pelengkap (resleting atau pengait gantungan kunci/hp) +- Rp.30.000
  • Dakron untuk isian +- Rp.25.000
  • Total modal : 125.000

Bahan tersebut di atas cukup untuk membuat kira-kira 30 gantungan kunci/hp/kalung atau 15 tempat pensil atau ratusan jepit rambut. Silahkan atur harga jualnya dan kalikan sendiri.

Lumayan kan untungnya?

Setelah itu kita tinggal berpikir kreatif bagaimana cara memasarkannya aja. Tapi era sekarang kan harusnya lebih mudah karena ada internet. Jadi bisa dijual online, dititipkan ke toko-toko, dan sebagainya.

Saya berharap ide bisnis ini bisa menjadi penggerak agar perempuan dan ibu-ibu yang punya banyak waktu luang untuk lebih produktif. Untuk permulaan, alangkah baiknya kita tidak terlalu mengukur untung-ruginya dulu. Mulai bisnis dengan sabar dan ikhlas, karena hal sekecil apapun jika dilakukan dengan ikhlas insya Allah bisa menghasilkan rejeki yang halal dan membawa keberkahan :)

Oh ya, sekalian promo, saya punya instagram baru. Isinya insya Allah hasil crafting, hasil masak, dan tentang DIY, serta sedikit selfie. Monggo follow @sellawrs buat yang pengen tahu ide-ide kerajinan tangan lain.


Semoga menginspirasi dan semoga bermanfaat J
Wassalamualaikum..

No comments:

Post a Comment