Sunday, 3 July 2016

Kue Lidah Kucing

Assalamualaikum!

Bismillah, udah mulai ngga semangat nulis, padahal masih pengen sharing empat resep lagi. Ngga pernah nulis, sekalinya nulis langsung tujuh resep. Kram jari adek bang. Tapi demi cewek-cewek calon kesayangan mas (nya masing-masing), saya rela tetep nulis resep! *Kaya pasti ada yang baca aja, hehe.*


Okeys, kali ini, share kukis yang susah-susah gampang bikinnya. Bikinnya gampang, cetaknya itu loh yang susah. Hasilnya ngga mesti bagus. Karena itu, saya cuma punya satu foto aja, dia ngga photogenic sih. Yippie…Kukis Lidah Kucing! Entah kenapa dinamakan lidah kucing, bentuknya ga mirip-mirip banget sama lidah kucing juga hahaha.

Ngomong-ngomong, kenapa saya bilang cetaknya susah? Karena sebenarnya di rumah ngga ada cetakan kukis ini. Yaiyalah, pantesan susah Sellaaaa! Heheh ^^. Karena kukis ini selalu untuk konsumsi pribadi (hampir ga pernah disuguhkan ke tamu) jadi ya ngga kebeli deh cetakannya. Walau bentuknya ngga cantik, rasanya enak, manis gurih gitu. Dan tersenyumlah untuk mbak-mbak yang efisien seperti saya *pret* karena kukis ini pakai putih teluuur! Seneng kan, hampir semua kue lebaran memakai kuning telur dan menyisakan putihnya, kali ini kita bisa manfaatkan putihnya buat bikin si lidah kucing ini. Yuuuuk!


Bahan :
  • 150gr gula halus
  • 250gr mentega
  • 250gr terigu (protein rendah/sedang)
  • 5 putih telur (kurleb 200ml)
  • ½ sd vanili bubuk

Cara membuat :
  1. Kocok mentega dan gula sampai rata, masukkan vanili dan aduk rata
  2. Sambal dikocok, masukkan putih telur perlahan sampai tercampur rata
  3. Masukkan terigu, aduk rata dengan spatula
  4. Cetak di atas loyang khusus kukis lidah kucing (kalau ngga punya, cetak seperti saya aja, saya share di bawah)
  5. Panggang dalam oven 150C atau api kecil-sedang sampai kecoklatan

Pas bikin kue ini, ibu saya yang mencetak. Caranya, masukkan adonan ke piping bag/plastik segitiga, lalu potong ujungnya sedikit (0,5-0,75 cm) semprotkan ke loyang yang sudah diolesi margarin, beri jarak 2cm karena kue akan melebar. Kira-kira seperti gambar di bawah ini nih :


Mudah koook, cuma cetaknya aja yang agak ribet kalau ga punya loyang lidah kucing karena hasilnya kurang seragam. Demikian ya share resepnya, berlanjut ke resep kukis selanjutnya yuk.

Selamat mencoba, wassalamualaikum.

1 comment:

  1. Kue Lidah Kucing Terimakasih Artikel nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Resep Kue Kering Lebaran

    ReplyDelete