Sunday 3 July 2016

Kaastengel

Assalamualaikum!

Cookies kedua Ramadhan tahun ini, yaitu… kaastengel! Sama seperti nastar (resep disini), kaastengel juga selalu ada di rumah saya ketika lebaran dan selalu home made from miss+mrs wahyudi’s kitchen (halah).


Setiap kali baking cookies, tugas saya gak jauh-jauh dari menakar adonan-mencetak, dan selalu mengoven (ga ada yang telaten pegang oven tangkring di rumah hehe). Sedangkan untuk hiasan, selalu dipegang sama adek saya, termasuk kaastengel kali ini. That’s why kenapa kaastengel saya kejunya gak bisa santai, she loves cheese so damnly much! Haha.


Oke, diusahakan ngga banyak prolog yak karena masih banyak resep yang belum ditulis hihi. Resep kaastengel ini saya dapat dari ibu saya. Bikinnya mudah dan ngga seribet si gurih-legit nastar, dan kabar baiknya, insya Allah anti gagal (asal nurut resep sih).


Bahan :
  • 400gr terigu (protein rendah/sedang)
  • 175gr mentega
  • 175gr margarin
  • 4 kuning telur
  • 200gr keju tua parut
  • 50gr keju cheddar parut
  • 2 kuning telur untuk olesan

Cara membuat :
  1. Kocok mentega, margarin, dan kuning telur sampai rata, nggak perlu lama-lama.
  2. Masukkan terigu dan aduk rata
  3. Tipiskan adonan kira-kira sampai 0,75cm diatas plastik/talenan, cetak atau potong-potong 1x4cm
  4. Olesi dengan kuning telur, taburi keju cheddar
  5. Tata pada loyang yang sudah diolesi margarin
  6. Oven dengan suhu 150C atau api sedang-kecil hingga kuning kecoklatan
  7. Angkat, sajikan.



Voila! Mudah sekali kan? Untuk resep kaastengel ini, saya minim catatan. Kecuali, sama seperti biasa, ingin sharing terkait pengguna oven tangkring alias otang alias oven kompor. Tricky juga kalau pakai oven begini, karena panasnya kurang merata, jadi harus pintar-pintar pindahin posisi dan oper loyang, juga atur api kompor. Saya pakai api antara kecil-sedang, kalau dirasa terlalu panas, saya kecilkan apinya, kalau lama matang, saya besarkan sedikit jadi api sedang. Begitu terus sampai ada mas-mas yang ke rumah #eh #nyambungnyaloh. Heheh.

Kukis ini hampir semuanya suka, termasuk saya. Rasanya ngeju bangets. Yuk yuk dicoba bikin :3 demikian aja sih share resepnya, mari berlanjut ke resep selanjutnya. Setelah ber-gurih-gurih ria dengan si kaastengel, saya punya kukis yang manis legit dan wangi di post selanjutnya.
Semoga berhasil ya bikin kaastengelnya!


Selamat mencoba, happy baking, and Wasalamualaikum.

No comments:

Post a Comment