Sunday 26 January 2014

Pancake Saus Coklat


Hai blogger!
Ah, senangnya, mulai minggu kemarin saya udah liburan semesteran loh. Seperti biasanya, setiap liburan saya selalu menyelipkan sebuah tema khusus, dan tema kali ini adalah be happy, be creative! hehe, sounds great ya? dan seperti biasa juga, liburan kali ini saya isi dengan cooking and quilling. Bedanya, kali ini saya ingin menyelipkan coding, ceritanya belajar ngoding buat bekal KP semester depan hehe. Sudahlah, lupakan tentang coding.

Well, jadi kemarin saya jalan-jalan ke TP sama salah satu teman dekat saya, Aula. Rencananya mau ke Mr. Pancake. Eeeeh, sampai TP lah kok lokasi Mr. Pancakenya ditutup! Entah renovasi entah emang tutup ya, ditutupin papan gitu. Duh, padahal aku juga pengen nyobain makan situ. Akhirnya, jalan-jalan deh. Dan, jeng-jeng-jeng-jeeeeeng! Kita nemu Panhouse Pancake. Yeay!

Masuklah kita.
Lihat menu. Ewww, harganya agak beda ya sama di Mr.Pancake. Lebih mahalan. Yang original kira-kira Rp 30.000. dan selain itu, semua berkisar antara Rp.40.000-Rp.50.000. Dan itu untuk single cake nya loh ya! Mahal banget buat ukuran mahasiswa kan ya?

Sepulang dari situ, jadi pengen banget bikin pancake. Kalau udah bisa bikin cakenya, mau dikasih topping dan saus apapun mah tinggal gampangnya ya. hihi

Setelah googling resep sana-sini, akhirnya nemu yang pas, Buttermilk Fluffy Pancake dari blognya Ibu Hesty. Itu resep aslinya dari blognya Martha Stewart. Duh, udah ngiler duluan lihat foto-foto dari Bu Hesty.

Udah ah, ini nih resep pancake nya, udah aku modif dikit hehe, plus aku tambahin resep saus coklat (lupa ini resep sausnya dapet darimana)




Bahan Cake :
  • 130 gr tepung terigu protein sedang
  • 150 ml buttermilk (susu cair yang diberi perasan 2 sdm air jeruk nipis, diamkan 10 menit)
  • 1/2 sdm baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 1 1/2 sdm gula halus
  • 1 telur, pilih yang besar
  • 2 sdm butter, lelehkan
Bahan Saus Coklat :
  • 100 ml susu cair
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 50 gr coklat blok
  • 1 sdt tepung maizena, larutkan dalam 1 sdm air
  • garam sedikit saja, +- 1/8 sdt
Cara memuat :
  • Campur tepung, baking powder, garam, gula, aduk rata.
  • Kemudian masukkan telur, buttermilk, dan butter leleh, aduk asal rata. Jangan sampai overmix ya! Asal rata aja!
  • Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang, tuang 1 sendok sayur adonan. Permukaan adonan akan berlubang-lubang, tunggu +- 2 menit, lalu balik.
  • Angkat adonan jika sudah berwarna kecoklatan.
  • Cara membuat saus : campur semua bahan kecuali coklat blok. Setelah bahan larut dan tercampur semua, masak diatas api sedang sambil diaduk. Setelah mendidih, angkat, lalu masukkan coklat blok. aduk-aduk sampai coklat leleh.
  • Pancake siap disajikan dengan saus coklat atau sesuai selera :D
Tips :
  • Ketika mengaduk adonan pancake, aduknya asal rata saja ya, jangan sampai overmix atau jangan dikocok sampai licin.
  • Permukaan adonan akan berlubang-lubang gitu pas dimasak, jadi ngga usah panik hehe :D
  • Saat masak ini, saya ngga pakai sendok sayur (pakai sendok biasa) dan saya sengaja bikin pancakenya tipis-tipis, hehe semua sesuai selera sih
  • Selain disajikan dengan saus coklat, bisa disajikan dengan madu, maple syrup, butter, eskrim, dan sebagaaaainya.

Selamat Mencoba! Salam Pancake! ;)

No comments:

Post a Comment